• Follow Us On : 
Bupati Karo Buka Pelatihan BPD Foto:Sangap.S/rls

Bupati Karo Buka Pelatihan BPD

Kamis, 05 April 2018 - 08:26:51 WIB
Dibaca: 1762 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Bupati Karo Kabupaten Terkelin Brahmana, SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang membuka Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (3/4).

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari (3-4 April 2018) yang terbagi dalam 2 angkatan, yang bertujuan guna meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan BPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya agar lebih berdayaguna dan berhasilguna, serta lebih memahami kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan desa, memahami dasar pembangunan desa dan lebih trampil dalam menyusun rencana kegiatanselanjutnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH., menjelaskan BPD sebagai bagian dari pemerintahan desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang berasal dari keterwakilan wilayah, kelompok masyarakat, suku, agama serta golongan profesi, serta bahwa Badan Permusyawaratan Desa Turut Membahas Dan Menyepakati Berbagai Kebijakan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Kelembagaan Di Tingkat Desa, Memperkuat Kebersamaan Serta Meningkatkan Partisipasi Dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Forum Musyawarah Desa.

“Dalam kesempatan ini, pemerintah Kabupaten Karo meminta perhatian saudara atas hal-hal sebagai berikut : Pertama, segera membuat tata tertib bpd dan bekerjalah serta laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, sebagai unsur pemerintahan desa, bpd merupakan mitra kerja kepala desa untuk mewujudkan “good governance” saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.
Ketiga, dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemerintah terkait dengan keuangan desa, agar saudara sebagai bpd dapat mengikuti serta menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan desa. Sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan serta pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.
Keempat, agar kiranya saudara menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam pembangunan desa.” Ungkap Bupati Karo dihadapan para peserta pelatihan BPD

Selain itu, Bupati Karo berharap kepada semua peserta pelatihan BPD agar kiranya dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa sehingga dapat bermanfaat bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa masing-masing.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Karo Abel Tarwai Tarigan, S.Sos. MT, MA dan peserta Pelatiahan.
(Sangap.S)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER