• Follow Us On : 
Didalam Iklan HUT ke 72 Asahan Ada Paslon Gubsu Nomor 1, Jadi Viral di Facebook Foto:Hariansib.co

Netizen

Didalam Iklan HUT ke 72 Asahan Ada Paslon Gubsu Nomor 1, Jadi Viral di Facebook

Jumat, 16 Maret 2018 - 23:34:50 WIB
Dibaca: 2201 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Diposting di melalui akun facebook milik SQM yang merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara dari daerah pemilihan Kabupaten Asahan, Batubara dan Kodya Tanjungbalai, iklan HUT ke-72 Kabupaten Asahan menjadi viral dan pergunjingan di masyarakat.

Pasalnya, ada gambar Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) bersama wakilnya yang nomor urut 1 (satu).

Isi postingan di akun facebook, terlihat ada tulisan:" Jayalah Sumut Bersama Eramas, Jayalah Asahan Bersama Buya".

Kemudian, di bawahnya ada iklan selamat dan sukses Hari Jadi ke-72 Kabupaten Asahan dengan gambar Bupati Asahan/Wakil Bupati Asahan, Paslon Gubsu dan wakilnya nomor urut 1, gambar SQ/Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, dilengkapi simbol Pemkab Asahan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan logo salah satu partai politik.

Postingan ini menimbulkan gunjingan bahkan jadi menyudutkan Pemerintah Kabupaten Asahan dan Pemprovsu, karena dinilai berpihak kepada salah satu Paslon di Pemilihan Gubernur Sumatera nanti.

Panitia Pengawasa Pemilih (Panwaslih) Asahan pun diminta netizen untuk mengambil sikap tegas terhadap postingan facebook tersebut.

Sebab, telah melanggar PKPU dan dinilai telah mengambil keuntungan dari iklan HUT Kabupaten Asahan itu.     

Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar, ketika dikonfirmasi Kamis (15/3) melalui telepon seluler sangat menyayangkan postingan dimaksud.

Dia menegaskan, terkait iklan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Asahan yang "ditunggangi" gambar Paslon Gubsu dan wakilnya, tidak ada izin dari Pemerintah Kabupaten Asahan.

"Tidak ada izin, tidak ada pemberitahuan, begitu juga gambar Bupati dan Wakil Bupati Asahan juga dicatut," tegasnya.

Lanjut Hidayat, menyangkut postingan itu, pihaknya langsung melakukan klarifikasi membalas komentar di akun facebook milik SQ.

Hal ini dirasa penting, mengingat Pemkab Asahan tidak pernah berpihak kepada salah satu paslon di pergelaran Pilgubsu 2018.

Terpisah, Ketua Panwaslih Asahan M Irfan Islami Rambe bersama Khomaidi Hambali Siambaton, Divisi Hukum dan Penindakkan Pelanggaran, mengatakan, mereka masih mengkaji postingan di facebook tersebut. Panwaslih, sebut mereka, belum bisa mengambil langkah karena belum ada yang membuat laporan teregistrasi.

"Memang, Rabu (14/3) malam, ada yang melapor ke kita, namun hingga saat ini tidak datang, sehingga laporan belum lengkap dan tidak teregistrasi,"  kata Irfan.

Lanjut mereka, bila nanti tidak ada yang melapor, maka ini akan menjadi informasi awal bagi Panwaslih.

Selanjutnya, akan dilakukan pengkajian dan apabila nantinya ada unsur-unsur tidak sesuai ditemukan, maka akan digelar rapat pleno.

"Saat ini, belum bisa kita katakan menyalahi apa tidak, karena postingan seperti itu bisa dilakukan orang lain (dihacker), bukan dibuat pemilik akun. Oleh karena itu, kita akan memverifikasi pemilik akun yang bersangkutan sesegera mungkin," ujar Khomaidi. 


Sumber:Hariansib.co





Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER