• Follow Us On : 
Pusat Gempa Terjadi di Mandailing Natal, Warga Tapanuli Tengah Panik Karena Gunjangan Foto:Antaranews.

Pusat Gempa Terjadi di Mandailing Natal, Warga Tapanuli Tengah Panik Karena Gunjangan

Kamis, 01 Maret 2018 - 11:59:40 WIB
Dibaca: 1682 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Guncangan gempa yang diketahui berpusat di sekitar Mandailing Natal, Sumatera Utara, Kamis (1/3) pagi Pukul 08.35:45 WIB, membuat warga Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga berhamburan dari rumah sembari serentak berteriak gempa.

Lidia Sitompul, warga Aek Tolang, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, kaget karena guncangan gempa demikian kuat dia rasakan. Sembari menggendong cucunya, ia seketika berlari menjauhi rumahnya guna menyelamatkan diri.

Semula dia cuma merasakan goyangan, tetapi selang beberapa detik setelah itu guncangan kuat muncul sehingga memaksa dia dan keluarga serempak keluar rumah sambil berteriak; "gempa, gempa".

"Kami trauma setiap terjadi gempa, menginat Tapteng (Tapanuli Tengah) pernah dilanda gempa waktu musibah tsunami Nias beberapa tahun lalu," kata Lidia.

Selain warga dalam rumah, yang juga berhamburan menjauhi bangunan adalah para pekerja dan karyawan seperti terlihat di kantor keluarahan Pandan.

Update analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu terletak pada koordinat 0,91 Lintang Utara dan 98,63 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 37 KM arah barat daya Kota Singkuang, Kabupaten Mandailing Natal, dalam kedalaman 98 KM.

Dampak gempa bumi yang digambarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di beberapa daerah, mulai Aek Godang, Padang Sidempuan, Panyabungan, Sibuhuan, Gunung tua, Sipirok, Sibolga dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), Nias, Lubuk Basung, Pariaman sampai Pasaman I SIG-BMKG (II MMI) .

Gempa bumi ini belum berpotensi menimbulkan kerusakan dan ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini adalah gempa menengah akibat aktivitas subduksi.

Sumber: Antaranews.com



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER