• Follow Us On : 
Pemko Pekanbaru Optimis Raih WTP dari BPK Foto:pekanbaru.go.id

Pemko Pekanbaru Optimis Raih WTP dari BPK

Selasa, 20 Februari 2018 - 03:38:40 WIB
Dibaca: 2027 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru optimis meraih Laporan Hasil Pemeriksaan keuangan (LHP) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Riau terhadap penggunaan anggaran 2017.

Optimisme ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Defino Efka, Senin (19/2).

Optimisme ini muncul, karena saat ini terus dilakukan upaya menginventarisir aset milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru keseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terus dilakukan untuk memperbaiki catatan BPK selama ini.

Laporan aset yang dilakukan seperti belanja modal Tahun 2017 dari 44 OPD dan UPTD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Defino menyebutkan dalam meraih WTP tentunya ada beberapa kriteria dari BPK, salah satunya aset. Selama ini pencatatan aset menjadi PR Pemko untuk mendapatkan WTP.

"Sampai saat ini Kota Pekanbaru hanya bisa mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini dikarenakan masih banyaknya aset yang masih belum terinventarisir dengan baik dan belum bisa diketahui jumlahnya. Untuk itu kami tengah mencocokkan dan menginventaris aset yang ada di seluruh OPD," katanya.

Dikatakan Defino, berkaca dari tahun sebelumnya dari seluruh OPD di Lingkungan Pemko Pekanbaru, Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedikit lambat dalam melaporkan aset ke BPKAD. Sebab jumlah aset dari OPD tersebut banyak.

"Beberapa Satker masih ada laporan aset yang belum sesuai. Contohnya, Disdik Pekanbaru, dimana banyak sekolah yang harus didata dan juga Diskes Pekanbaru dimana harus melakukan pendataan asetnya sampai ke tingkat Puskesmas Pembantu," ungkapnya.

Dari yang sudah diamatinya, diakuinya, sudah ada kemajuan yang dilakukan dalam menginventarisir data aset milik Pemko Pekanbaru. Sehingga nantinya mulai dari penganggaran hingga pelaporan akan dilakukan di dalam suatu aset yang terintegrasi dan mudah untuk dipantau.

Sebelumnya Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru M Noer meminta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2017.Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru optimis meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Sekretaris Pemko Pekanbaru M Noer Optimis jika Pemko Pekanbaru Raih Predikat WTP. Selain itu pihaknya juga menggesa OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru juga menyusun Laporan Keuangan yang telah diminta oleh BPK RI sebelum tanggal 31 Maret 2018.

Lanjutnya hingga saat ini menjadi permasalahan atau menjadi PR bagi Prmko Pekanbaru adalah pencatatan aset selalu menjadi masalah menahun bagi Pemko Pekanbaru sehingga dari tahun ke tahun Pemko. Seperti pencatatan aset yang belum ada kecocokan administrasi dengan fisiknya.

"Dari segi pemeriksaan aset tersebut bagaimana kita harus melengkapinya dan menjadi catatan kita untuk melengkapinya. Kita juga meminta kepada OPD lebih kooperatif dalam meniyapkan Laporan tersebut sehingga kita optimis bisa meraih WTP lagi tahun ini,"harapnya. (Rudi Hermansyah/Kominfo).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER