• Follow Us On : 
15 Pohon Tumbang Akibat Angin Muso  di Kulonprogo, Ini Penjelasan BPBD Sebuah pohon tumbang akibat angin kencang di Temanggal Wijimulyo Kulonprogo, Sabtu (20/1/2018). Foto:Solopos.com

15 Pohon Tumbang Akibat Angin Muso di Kulonprogo, Ini Penjelasan BPBD

Ahad, 21 Januari 2018 - 09:51:48 WIB
Dibaca: 1786 kali 
Loading...

Jawa Tengah - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulanan Bencana Daerah Kulonprogo menerima 17 kejadian bencana akibat angin kencang yang melanda Kulonprogo Sabtu (20/1/2018). Sejumlah kejadian itu didominasi peristiwa pohon tumbang akibat sapuan angin.

TRC BPBD Kulonprogo, Sunardi, mengungkapkan kejadian tersebut akibat angin muson barat yang menerpa daratan. Ia juga menjelaskan setiap tahunnya yang biasanya dikenal dengan nama angin barat daya itu berdampak parah di pesisir pantai.

“Angin dari barat daya atau muson datang dengan kekuatan yang tinggi, maka daerah lepas pantai sangat terdampak apalagi rumah atau bangunan dengan rangka atap dari asbes,” ungkapnya.

Alhasil atap warung di pesisir pantai Trisik terbang terbawa angin, Sabtu pagi kemarin. Kemudian kejadian serupa juga terjadi Jonggranggan, Jatimulyo yang hanya hanya terjadi di satu rumah.

Namun demikian, peristiwa tumbangnya pohon dan mengenai rumah warga masih mendominasi di Kulonprogo. Sejak Pukul 16: 45 WIB, TRC BPBD Kulonprogo mencatat 15 pohon tumbang dan 12 diantaranya menimpa rumah warga.

Kendati mengalami banyak peristiwa bencana, TRC BPBD berterimakasih kepada masyarakat yang telah sadar akan potensi bencana di Kulonprogo. Dimana dari terjangan angin tersebut tidak diketemukan korban luka-luka bahkan meninggal dunia.

“Alhamdulillah warga telah mengerti tentang pengurangan resiko bencana, dimana agar pohon-pohon yang menjulang tinggi dan lebat dipotong atau dipangkas,” katanya.

Adapun dari keseluruhan persitiwa tersebut BPBD telah melakukan tindakan cepat tanggap terhadap 15 kejadian. Dimana masih menyisakan dua lokasi yang terletak di Temanggalan, Wijimulyo, Nanggulan dan Bono Rejo, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo.

Sumber:Solopos.com




Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER