MENU TUTUP
Bumi Turang

Akses Jalan Penghubung Antar Desa Ambles, Pemdes Sukarame Berharap Diperbaiki Instansi Terkait

Ahad, 02 Agustus 2020 | 18:20:48 WIB Dibaca : 1922 Kali
Akses Jalan Penghubung Antar Desa Ambles, Pemdes Sukarame Berharap Diperbaiki Instansi Terkait Kondisi akses jalan di Desa Sukarame yang ambles, Minggu (2/8/2020) siang. Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Kondisi akses jalan sempit, serta minimnya saluran pembuangan air (drenaise), apalagi intensitas curah hujan yang tinggi akhir - akhir mengakibatkan jalan penghubung antar desa yang ada di Desa Sukarame, Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, kini ambles dan terancam putus total.

Jalan yang ambles dan terancam putus tersebut diketahui satu-satunya jalan Desa Sukarame yang menghubungkan antar desa, seperti Desa Barung Kersap, Desa Kaban Tua, Desa kuta mbaru, Desa sari munte , Desa Tanjung Beringin dan Desa Munthe. Bisa juga tembus ke desa -desa yang ada di wilayah Kecamatan Juhar. 


Hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki maupun pemasangan rambu - rambu jalan bagi parpengendara untuk berhati-hati dari instansi terkait.

Tampak, hanya terpasang tanda ada jalan rusak ala kadarnya yang terbuat dari bambu yang dibuat oleh Pemerintah Desa Sukarame untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu - lintas disana.

Karena pada ruas kiri dan kanan badan jalan tampak ambles dan menyempit, sehingga tidak memungkinkan  kenderaan jenis roda 4 (empat) untuk dapat berselisih.

Menurut informasi dari warga setempat bahwa semenjak jalan tersebut ambles sudah beberapa kali kenderaan terperosok. Namun, masih bisa diselamatkan, berkat bantuan warga sekitar.

Pengakuaan warga itu dibenarkan oleh Pjs Kepala Desa (Kades) Sukarame Jasmin Purba, saat diminta tanggapannya terkait amblesnya jalan tersebut.

"Dampak dari amblasnya badan jalan tersebut, sudah beberapakali pengendara roda empat yang mengalami kecelakaan, pada umumnya kecelakaan terjadi saat malam hari. Karena memang di lokasi jalan yang  amblas itu sangat minim lampu penerangan jalan," kata Jasmin
kepada wartawan, Minggu (2/8/2020) siang.

Ia menambahkan, terkait amblasnya jalan tersebut, kareana gorong -gorong yang ada dibagian bawah dasar jalan yang berfungsi sebagai saluran pembuangan air kolam yang ada di samping jalan untuk di salurkan ke sisi kanan jalan yang terdapat jurang sekarang sudah pecah.

"Sehingga saat ini saluran tersebut tak berfungsi lagi," jelas Jasman.

"Kondisi jalan yang sudah amblas ini sudah kami sampaikan ke pihak pemeritah kecamatan, ke Dinas PUPR baik saat Musrembang kecamatan yang di hadiri Anggota DPRD Kabuoaten Karo pada masa resesnya di kantor kecamatan kala itu. Namun entah kenapa hingga saat ini belum tampak ada tanda - tanda jalan tersebut akan di perbaiki," Pjs Kades Sukarame.

Ia berharap supaya jalan yang ambs itu diperbaiki.

"Semoga kondisi jalan yang ambles dan berlobang tersebut dapat segera ditangani dan diperbaiki oleh Dinas PUPR Kabupaten Karo, mengingat jumlah kenderaan yang lalu - lalang semakin ramai setiap harinya. Sehingga sangat mengkhawatirkan keselamatan bagi pengguna jalan yang melintas," harap Jasmin. (KS).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih