MENU TUTUP

Ke Menteri PUPR, Bupati Karo Minta Tol Medan – Berastagi Direalisasikan

Selasa, 30 Juli 2019 | 16:59:03 WIB Dibaca : 3646 Kali
Ke Menteri PUPR, Bupati Karo Minta Tol Medan – Berastagi Direalisasikan Foto:Sangap.S
Loading...

Petunjuk7.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono mengaku akan mempercepat pembangunan infrastruktur di sembilan kabupaten/ kota yang mengelilingi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, termasuk Kabupaten Karo.

Tahun depan, anggaran sebesar Rp 2,4 triliun siap dikucurkan untuk mengubah kawasan wisata Danau Toba. Ia merinci, alokasi dana tersebut akan disebar untuk empat bidang yakni sumber daya air sebesar Rp 111,26 miliar, bina marga Rp 1,01 triliun, cipta karya Rp 879,86 miliar dan perumahan Rp 422,11 miliar.

“Kabupaten Karo juga menjadi perhatian kita dalam pembangunan infrastruktur kawasan Danau Toba,” tutur Basuki saat berbincang dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di sela acara pertemuan kepala daerah se kawasan Danau Toba dengan Presiden RI Joko Widodo di Hotel Esther Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (29/7/2019).

Ia menyampaikan, dermaga Tongging sedang tahap proses tender (lelang-red). Tahun ini, dermaga Tongging tahap I sudah akan dibangun dan nanti tahap II akan diselesaikan di tahun depan. Selain dermaga, kata dia, juga akan dibangun gedung terminal dan kantor, areal parkir, fasilitas perpindahan moda dan pedestrian serta penataan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat.

Terkelin didampingi Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi berharap sejumlah proyek APBN yang menjadi usulan Pemkab Karo dapat menjadi skala prioritas Kementerian PUPR untuk direalisasikan. “Saat ini sedang berlangsung proyek pelebaran Jalan Jamin Ginting antara Kabanjahe Batas Simpang Ujung Aji Berastagi. Diharapkan agar Kementerian PUPR bisa menuntaskan pelebaran jalan nasional itu di tahun 2020,” harapnya.

Selain itu, mengatasi kemacetan parah yang kerap terjadi di Jalan Medan-Karo, ia berharap pembangunan tiang pancang untuk Jembatan Layang Kelok 11 pada dua titik di jalan alternatif Medan-Berastagi yang sudah di entry di Musrembangnas 2020-2024, tahun depan sudah bisa dieksekusi.

Dalam kesempatan ini, Terkelin kembali meminta agar pembangunan jalan tol Medan-Berastagi dapat direalisasikan karena dinilai sudah sangat mendesak. Demikian juga pembangunan Dermaga Tongging yang tak kalah penting. Ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Karo. Selain itu, juga penataan kawasan objek wisata penatapan air terjun Sipiso-piso selaku ikon KSPN Danau Toba bagian utara.

Sementara, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi menerangkan hasil perbincangan singkatnya dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurut Arief Yahya, kata dia, penataan objek wisata kawasan Sipiso-piso sudah final akan dikerjakan tahun 2020.

“Sesuai usulan Pemkab Karo, terdapat lima item yakni, pengembangan jalur pedestrian kayu artistik, viewing point, revitalisasi kedai kopi, revitalisasi kios pedagang dan revitalisasi restoran. Konsep dan desainnya sudah siap,” ujarnya menyampaikan pernyataan Menteri Pariwisata. (Sangap.S)

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Baiturrahiim Gongsol Kecamatan Merdeka di Hadiri Anak Penghapal Qur'an 30 Juz

2

Waspada Curanmor, Bhabinkamtibmas Polsek Tigapanah Aipda Dedy Naibaho Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

3

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

4

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

5

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal