MENU TUTUP

Pagi Tadi Gunung Sinabung Kembali Erupsi Durasi 6 Menit, Ini Imbauan PVMBG Kepada Masyarakat

Senin, 27 Mei 2019 | 19:33:02 WIB Dibaca : 1660 Kali
Pagi Tadi Gunung Sinabung Kembali Erupsi Durasi 6 Menit, Ini Imbauan PVMBG Kepada Masyarakat Pihak PVMBG Sinabung melalui Tim Pemantau Gunung Api Sinabung memantau Erupsi Gunung Sinabung dari Kecamatan Tiganderket, Senin (27/5/2019). Foto:KS
Loading...

Petunjuk7.com - Aktivitas gunung api Sinabung, yang berada di Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara, kembali terjadi erupsi dengan durasi 6 menit, dan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 2500 meter dari puncak gunung api Sinabung.

Menurut Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, (PVMBG), gunung api Sinabung melalui Tim Pemantau Gunung Api Sinabung mencatat, gunung api sinabung kembali erupsi pada Senin (27/5/2019) pada Pukul 06:29 WIB, pagi tadi dengan ketinggian 2500 meter, dengan arah angin mengarah ke sektor Barat, Selatan gunung api Sinabung, kembali diperkirakan ke kawasan Kecamatan Tiganderket kembali diguyur oleh abu vulkanik gunung api Sinabung.

"Gunung api Sinabung kembali mengalami aktivitas erupsi sekitar pukul 06: 00 pagi tadi, lama erupsi sekitar 6 menit, dan tinggi kolom abu mencapai 2500 meter, dengan tingginya abu vulkanik ini di perkirakan daerah Barat dan Timur Sinabung diguyur abu vulkanik," teran Pengamat Gunung Api Sinabung di Pos PVMBG Sinabung, Armen Putra kepada www.petunjuk7.com, Senin (27/05/2019).

Dijelaskan Armen, gunung api Sinabung sejak erupsi yang terjadi pagi tadi terus di selimuti kabut tipis hingga tebal, sehingga menyulitkan Tim Pemantau untuk memantau kondisi visual, gunung api Sinabung pasca erupsi dengan ketinggi 2500 meter.

"Tim pemantau hanya bisa memantau Sinabung dari sesmik gunung api yang ada di Pos PVMBG Sinabung," jelasnya.

"Ya ini Bang pasca erupsi tadi pagi gunung api Sinabung tertutup kabut. Yang mengakibatkan kami kesulitan untuk memantau visual
Sinabung," sebutnya.

Ditambahkan Armen, masih tingginya aktivitas erupsi Sinabung tidak mempengaruhi status gunung api Sinabung yang saat ini mengalami penurunan status, dari level IV atau awas , ke level III atau siaga.

" Aktivitas Sinabung masih vluktuatif. Ini menandakan ancaman erupsi masih tinggi, namun demikian Bang ini tidak mempengaruhi level gunung api yang sudah di turunkan per tanggal 20 Mei kemarin," jelasnya.

Armen mengimbau, masih tingginya aktivitas sinabung, masyarakat dan pata pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di kawasan desa-desa yang sudah direlokasi. Lokasi didalam radius radial 3 kilo meter dari puncak gunung api Sinabung, serta radius sektoral 5 kilo meter untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 kilo meter untuk sektor Timur-Utara," pintanya.

"Dan Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," imbau Armen. (KS).






Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh